UTS NINTENDO

Nintendo merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang game console. Saya ingat sekali waktu tinggal di Bremen, Jerman mengenal kata “NINTENDO” dari teman. Teman saya disana baru saja membeli Game Boy. Game boy adalah game console mini portable yang diciptakan oleh perusahaan raksasa Nintendo. Game boy bisa kita nikmati dengan simple karena permainannyaImage banyak dan dimaiknkan secara simple. Tengok saja game legendaris seperti Mario Bros dan tetris adalah pentolan game nintendo yang laris manis di pasaran.

Image

Game Boy

Image

Game Boy Advance

Yang bisa disimak dari ini adalah dimana game console yang awal mulanya tidak portable jadi harus stay ditempat (kita bisa lihat pada produk nintendo 64 atau nintendo lawas yang kaset gamenya segede buku itu) kini dievolusi menjadi portble. Ya memang awalnya game boy itu black and white colour dan gamenya pun masih sedikit namun adanya arus globalisasi yang cepat game boy perlahan berkembang menjadi lebih atraktif , muncul game boy color dimana dibuat menjadi colour dan tidak black and white lagi. Lalu berubah menjadi game boy advance dimana dari segi bentuk sangat modern. Setelah itu muncul generasi Nintendo DS atau biasa disebut NDS. Nds adalah evolosi dari game boy, NDS menggabungkan teknologi layar sentuh dalam fiturnya dan yang terkahir teknologi wireless dan camera juga tak luput untuk di input dalam NDS.

Image

Pesaing utama mereka semisal Sony tidak tinggal diam mereka berlomba membuat console game yang bsia diterima oleh masyrakat luas. Perang kreativitas bisa terlihat disini, dan kita sebagai customer hanya bisa melihat perang itu dan menikmatinya. Maksud disini adalah merasakan teknologi dan crativitas ciptakan mereka.

Image

 

Bisa kita lihat dibawah bagaimana nintendo dengan produknya WII bersaing dalam competisi game console dengan XBOX dan PS3. Nintendo bisa dikatakan lebih stabil dengan competitornya walau diperbandingan awal mereka lebih rendah dibandingkan pesaing mereka namun beberapa kategori berhasil dimenangkan oleh Nintendo dengan WIInya. Secara perlahan WII dan Nintendo mampu bertahan di pasar yang ada. Dan tantangannya adalah bagaiman membuat inovasi yang baru dan mempertahankan yang sudah ada. Contoh adalah seperti Game Boy ini.

Image

Model bisnis dalam nintendo  sangat interaktif dimana dimulai dari interface terlebih dahulu sehingga mampu membeayangkan produk seperti apa yang diinginkan. Seteleh proses interface masuk dimana dibentuk lah software utama dan software pendukungnya dan tentunya akan di trial terlebih dahulu tidak hanya game boy dan wii tetapai juga untuk produk lainnya sehingga bisa dievaluasi bilamana terdapat kesalahan system. Dan seteah diuji lulus, baru produk mereka dipasarkan di pasar dan diharapkan terdapat feedback dari user. User disini adalah kita para konsumer sehingga konsumerpun setelah mencoba membeli produk nintendo tidak lupa memberikan review supaya bisa dikembangkan lebih baik untuk kedepannya.

 

 

 

 

Itulah sedikit ulasan tentang perkembangan teknologi Game Boy dan nintendo, bagi saya ini adalah evolusi dalam dunia game, khususnya dalam hal game portable yang bisa dimainkan kapan saja dan dimana saja. Innovasi yang sangat brilian, dimana dulunya hanya kotak dengan layat putih hitam kini berubah menjadi serbay layar sentuh. Bisa saya predeksi generasi saya selanjutnya mungkin nintendo membuat console dimana game yang dimainkan bisa hidup seperti nyata. Hanya dalam kurun waktu kuranng lebih 20 tahun sudah bisa menikmati revolusi ini.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s