Ideo, sang jasa designer

Lama tidak menulis lagi akibat long weekend dan musim uts melanda, namun lebih tepatnya karena tidak ada niatan untuk menulis sesuatu.

Namun kali ini saya ingin membahas tentang sebuah perusahaan inovasi terkenal di dunia ini yakni , IDEO. Perusahaan yang berbasiskan kreatifitas dan inovasi ini memiliki keahlian dalam merancang produk inovasi, desain, suatu usaha, desain interaksi. Dasar intinya bergerak dalam hal jasa design.

Image

Ideo sendiri memberikan tiga layanan mereka yakni :

  1. Mengidentifikasi cara baru untuk melayani dan membantu masyarakat, berdasarkan pola kebutuhanm perilaku dan keinginana.
  2. Membantu berbagai perusahaan dan merek untuk memberi nilai tambah kepada produk dan servis mereka.
  3. Membangun sebuah sistem dalam suatu perusahaan agar para pekerja yang ada di dalamnya senantiasa untuk berfikir secara kreatif dan inovatif.

Nah sekarang saya mau membahas apa yang bisa membuat ideo ini berbeda dengan perusahaan yang lain,

First, dalam hal inovasi teknologi.

Dalam pelaksanaan bisnisnya Ideo menerapkan sistem Technology Brokering dalam artinya saling menghubungkan teknologi yang sudah ada pada suatu bidang dengan bidang yang lain. Ideo tidak perlu menemukan teknologi baru untuk membuat suatu inovasi , mereka hanya perlu mencari teknologi yang sudah pernah ada sebelumnya dari bidang industri yang mungkin tidak ada kaitannya sebelumnya.

Salah satu alasan mengapa IDEO bisa sukses dengan mengandalkan sistemTechnology Brokering ini adalah IDEO memiliki pengalaman menciptakan lebih dari 3000 produk baru dari 40 jenis industri yang berbeda. Semakin beragam industri yang pernah dijajaki oleh IDEO, semakin kaya pula referensi teknologi yang mereka ketahui. Hal ini yang membuat IDEO sulit dikalahkan oleh perusahaan sejenis lainnya.

Contoh produk hasil dari sistem Technology Brokering adalah Crave Aid Patch. IDEO memanfaatkan teknologi yang sudah pernah ada sebelumnya yaitu Nicotine Patch yaitu sejenis alat yang ditempelkan di bahu untuk mengurangi hasrat merokok seseorang. Crave aid patch fungsinya adalah untuk mengurangi hasrat seseorang untuk mengkonsumsi junk food atau makanan tidak sehat lainnya (yang memiliki kadar lemak jenuh dan gula yang tinggi).

Image

Masih penasaran tentang IDEO ?

Hasil karya Ideo ada banyak berikut saya kasih beberapa hasil project mereka yang sugguh fenomenal.

  1. Stitch & Thread Project

Eileen Fisher memakai jasa IDEO untuk membangun kembali image mereka, bahwa merk ini cocok untuk wanita dari berbagai umur baik muda maupun tua. Dengan melakukan reasearch dan observasi mendalam terhadap target market potensial Eileen Fisher, akhirnya menemukan strategi yang tepat untuk mendekati mereka. IDEO menyarankan perubahan pada iklan, mengganti lay out pada toko Eileen Fisher, memperabrui website, dan menggunakan video sebagai media penyampaian pesan.

Setelah strategi strategi tersebut diterapkan, dalam waktu 2 minggu penjualan melalui toko Eileen Fisher melonjak menjadi 11% dan penjualan online melonjak sebanyak 137% dibandingkan tahun sebelumnya.

 Image

  1. Pringles

Pringles adalah salah satu cemilan yang paling populer di dunia. Pringles dapat dengan mudah dikenali dari bentuknya, rasanya yang bermacam macam, dan kemasannya yang unik. Proter & Gamble sebagai perusahaan produsen Pringles memiliki keinginan untuk meningkatkan ketertarikan para konsumen dan juga memperkuat loyalitas para konsumen lama terhadap Pringles.

 

Image

 

Sekian tulisan saya ini semoga bisa bermanfaat kepada siapa saja. 🙂 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s